Selamat Hari Anak Nasional
Bagikan yuk

#HariAnakNasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tahun ini, mengusung tema “Anak terlindungi, Indonesia maju”.

Tapi, taukah sahabat AIS kenapa harus diperingati setiap tanggal 23 Juli? Tentu hal tersebut memiliki dasar dan sejarahnya. Pada awalnya, peringatan #harianaknasional merupakan gagasan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Kowani adalah organisasi kaum perempuan Indonesia yang embrionya tercetus sejak Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928, atau beberapa pekan setelah Sumpah Pemuda. Kowani sendiri diresmikan pada tahun 1946. Dalam sebuah sidang pada 1951, Kowani memutuskan beberapa kesepakatan. Salah satunya, menurut artikel dalam Majalah Rona (1988), adalah mengupayakan penetapan Hari Kanak-Kanak Nasional.

Pada tahun 1953 dalam sidang Kowani di Bandung, pekan kanak kanak Indonesia dirumuskan lebih serius. Diadakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap liburan kenaikan kelas. Saat itu tepatnya setiap pekan ke dua bulan Juli, dan telah disetujui oleh pemerintah. Namun, penetapan itu dinilai belum memiliki makna dan nilai historis karena tidak merujuk kepada tanggal atau momen tertentu. Maka, dalam Sidang Kowani di Jakarta pada 24-28 Juli 1964, muncul berbagai usulan mengenai kapan tepatnya peringatan untuk hari anak-anak di Indonesia.

Peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan sebagai wujud nyata sejumlah peraturan dan perundang-undangan berikut:

  1. Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang  Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang.
  3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  4. Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional.
  5. Keputusan Presiden RI Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi Hak Anak).
Selamat Hari Anak Nasional

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mulai chat
1
Butuh bantuan.?
Assalamualaikum,, Ayah/Bunda,
Ada yang bisa kami bantu?