PUASA TASU’AH DAN ASYURA
Bagikan yuk

Assalamualaikum, sobat AIS 🤗

Di bulan Muharram ini banyak sekali amalan-amalan sunnah yang dapat dikerjakan loh, salah satu amal shalih yang dianjurkan Nabi SAW untuk dikerjakan pada bulan ini adalah ibadah puasa (shaum). Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak puasa di dalamnya. Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu” (HR. Muslim, no. 1982)

1. Puasa Asyura
Secara khusus, Rasulullah SAW pun menyebutkan keutamaan puasa Asyura dalam sabdanya :

سئل عن صوم يوم عاشوراء فقال يكفر السنة الماضية

“Rasullullah ditanya mengenai puasa Asyura, beliau menjawab,ia bisa menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

2. Puasa Tasu’a
Mengenai puasa Tasu’a, Rasulullah bermaksud untuk menjalankannya, meskipun beliau tidak sempat menunaikan karena wafat sebelum Muharram tiba. lalu para sahabatnya menjalankan puasa tasu’a seperti keinginan Rasulullah SAW :

إذا كان العام المقبل صمنا يوم التاسع

“Apabila tahun depan (masih diberi umur panjang), kami akan berpuasa pada hari Tasu’a (kesembilan).” (HR. As-Suyuthi)

Kenapa menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang cuma berpuasa tanggal 10 Muharram saja.

Ibnu Abbas RA berkata bahwa :
“Ketika Rasulullah SAW melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata, “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau mengatakan, “Apabila tiba tahun depan InsyaAllah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan, “Belum sampai tahun depan, Rasulullah SAW telah wafat terlebih dahulu.” (HR. Muslim 796 dan Abu Daud 2445)

Yukkk sobat AIS puasa Asyura dan Tasu’a…
Semoga Allah catat kebaikan amal kita di bulan ini 😇

PUASA TASU’AH DAN ASYURA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Mulai chat
1
Assalamulaikum,,
Assalamualaikum,, Ayah/Bunda,
Ada yang bisa kami bantu?