Market Day, Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship
Bagikan yuk

Sabtu (7/9) jejeran stand meja telah tertata rapih di lapangan Asshodriyah 9 Islamic School, berbagai macam jajanan makanan dan minuman sudah siap, seluruh peserta didik di damping oleh para guru mulai siap berjualan. Kegiatan market day secara resmi di buka oleh Koordinator Harian Asshodriyah 9 Islamic School, Mrs. Dini Qruniati.

Kegiatan market day tahun ini mengusung tema “Healthy Food” dan tujuan dari market day ini merupakan satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini. Setelah acara ini dibuka secara resmi, anak-anak menuju dan menempati booth atau meja dagangannya masing-masing untuk memulai kegiatan jual beli. Di dalam kegiatan market day ini, terjadi proses pembelajaran secara langsung. Mereka melaksanakan “Learning by Doing” atau belajar dengan cara melakukan langsung. Dengan demikian mereka akan langsung bisa merasakan atau mengalami seluruh proses yang dibutuhkan dalam kegiatan entrepreneurship.

Kegiatan market day ini terbagi menjadi sepuluh kelompok dengan 14-15 anak dalam 1 kelompok di dampingi 2 guru koordinator. Masing-masing kelompok  mendapatkan olahan atau jualan yang berbeda-beda diantaranya, Buah-buahan, sayuran, keju, yoghurt, susu, olahan ayam, ikan, keju, olahan pudding, umbi-umbian dan juice. Tidak hanya berjualan, market day kali ini memperlombakan beberapa kategori mulai dari, Laba terbanyak, penjual terbaik, yel-yel terbaik dan kelompok terbaik.

Diakhir penutup acara di umumkan pemenang dari masing-masing kategori lomba yaitu,

  • Laba terbanyak diraih oleh kelompok Olahan Susu
  • Penjual Terbaik diraih oleh Ananda Qeanu Kanaka Fauzi Grade 5
  • Yel-yel terbaik diraih oleh kelompok olahan ayam
  • Kelompok terbaik diraih oleh kelompok Olahan Susu

Ada beberapa kemampuan atau keterampilan yang dapat dibangun atau ditumbuhkan melalui kegiatan market day ini. Pertama, di dalam kegiatan market day ini, anak-anak dituntut untuk bisa menghitung. Sebagai contoh menghitung uang kembalian dari barang yang dijual. Dalam hal ini, mereka sedang diasah keterampilan aritmatis atau matematis-nya. Yang kedua, di dalam kegiatan market day ini, anak-anak dituntut untuk bisa menawarkan atau memasarkan barang dagangannya. Dalam hal ini, mereka sedang diasah keterampilan marketing-nya.

Pemenang Lomba Laba Terbanyak
Pemenang Lomba Laba Terbanyak
yel-yel Terbaik
yel-yel Terbaik
Kelompok Terbaik
Kelompok Terbaik
Penjual Terbaik
Penjual Terbaik

Dokumentasi kemeriahan kegiatan Market Day.

Market Day, Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan ajukan pertanyaan,,
Powered by