AIS 9 goes to Museum Nasional and Museum Bank Mandiri
Bagikan yuk

Field trip  merupakan kegiatan wajib sekolah. Kegiatan ini diadakan dua kali dalam satu tahun. Destinasi field trip jilid 1 adalah mengunjungi Museum Nasional dan Museum Bank Mandiri. Dipilih objek museum bertujuan untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang “Sejarah Bangsa Indonesia”. Kunjungan yang diikuti oleh 88 peserta didik, 20 tenaga pendidik & kependidikan dan 6 perwakilan jamiiyah tersebut dilaksanakan pada Selasa, 29 Agustus 2017.

            Kegiatan dimulai dari pukul 06.00 untuk registrasi peserta. Dilanjutkan dengan pelepasan yang dipandu oleh Bapak Raihan Al Kamil sebagai pembawa acara, Bapak M. Isa Ghoji Rantau membuka acara dan Bapak Faisal Karnain memimpin doa. Rombongan darma wisata meninggalkan sekolah tepat pada pukul 06.30 dengan menggunakan 3 armada bus. Peserta didik cukup terhibur menikmati perjalanan menuju museum dengan kegiatan bernyanyi, menonton kartun dan main tebak kata.

            Peserta tiba di lokasi pertama (Museum Nasional) pukul 09.00. Sambil menunggu pembelian tiket masuk, peserta didik diarahkan untuk pengambilan foto bersama dengan latar belakang halaman Museum Nasional. Selama kegiatan berlangsung peserta didampingi oleh pemandu yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah peserta didik kelas satu dan dua sedangkan kelompok kedua kelas tiga dan empat. Masing-masing kelompok mengelilingi museum dengan pemandu yang menjelaskan berbagai koleksi museum. Di museum Nasional anak-anak melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah. Kunjungan diakhiri dengan makan siang dan perjalanan dilanjutkan ke museum Bank Mandiri.

            Destinasi kedua di museum Bank Mandiri peserta didik berkeliling melihat sejarah perbankan di Indonesia. Kaka pemandu memperlihatkan koleksi museum yang terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan “tempo doeloe” dan perkembangannya, koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain. Usai keliling museum Bank Mandiri dilanjutkan kegiatan salat dhuhur berjamaah dan persiapan pulang. Alhamdulillah peserta didik kembali sampai sekolah pukul 15.30 WIB. Semoga melalui serangkaian kegiatan ini diharapkan peserta didik tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia, sehingga mampu melanjutkan tongkat estafet sebagai generasi penerus bangsa yang berprestasi, berkarya dan mengabdi untuk negeri. (Asia Tarjamah)

AIS 9 goes to Museum Nasional and Museum Bank Mandiri

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mulai chat
1
Butuh bantuan.?
Assalamualaikum,, Ayah/Bunda,
Ada yang bisa kami bantu?